By IT KOPLAK

BEBERAPA CARA MERAWAT HARDISK YANG BENAR

Maret 03, 2019 Posted by Bowie No comments

Halo sobat semua. Kali ini saya akan membahas mengenai cara merawat hardisk yang baik dan benar. Mungkin banyak dari sobat sekalian yang biasa menggunakan laptop atau desktop belum tau atau ingin tau bagaimana sih sebenarnya cara merawat hardisk yang baik dan benar.

loading...

Sekarang saya akan mencoba mengupas tips merawat hardisk yang baik dan benar. Baik, langsung saja kita mulai dan jangan lupa cemilan dan secangkir kopi atau tehnya ya sob.. biar santai bacanya dan langsung paham 👦.

Jangan mematikan komputer dengan paksa
Setiap selesai menggunakan komputer tentunya kita akan mematikan komputer kita. Nah mematikan komputer haruslah melalui prosedur yang benar, yaitu menggunakan menu shutdown di windows dan kita tunggu sampai benar-benar mati untuk melepas tegangan listrik.

Gunakan stabilizer
Komputer yang sering mati mendadak karena putusnya aliran listrik atau turunnya tegangan akan mempercepat umur dari hardisk. Jika hardisk yang sedang melakukan proses menulis dan membaca dipaksa berhenti karena mati mendadak, maka piringan dalam hardisk akan cepat rusak dan data-data yang tersimpan di hardisk juga akan rusak atau hilang.

Terlalu banyak software yang tidak terpakai
Terlalu banyak software yang tidak terpakai akan membuat hardisk bekerja lebih keras dan akan menjadi lebih cepat panas, dan akhirnya akan memperpendek usia hardisk. Maka sebaiknya guna external disk agar kapasitas hardisk tetap terjaga.

Lakukan defrag secara rutin dan teratur
Sejalan dengan penggunaanya data-data di dalam hardisk akan mengalami fragmentasi, fragmentasi menyebabkan kinerja dari hardisk akan menurun. Karena itu lakukanlah defrag untuk menghilangkan fragmentasi. Tapi juga jangan terlalu sering melakukan defrag, karena juga akan membuat hardisk cepat rusak.

Demikian tips dan trik merawat hardisk yang baik dan benar. Semoga bisa membantu sobat sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar