By IT KOPLAK

BELAJAR HTML BAG.1

Desember 11, 2018 Posted by Bowie No comments
Halo  guys jumpa lagi dengan saya…. Kali ini saya akan membagi pengetahuan dengan anda semua tentang HTML dengan Notepad.
Yo kita mulai aja guys biar ngga kelamaan nanti jadi ngantuk, hehehe…. Seperti biasa siapkan cemilan dan kopi atau teh hangat supaya tetap semangat.
Baik, pertama-tama siapkan notepad (gambar notepad) di komputer atau laptop kalian, lalu mulailah dengan struktur dasar kode HTML seperti contoh dibawah ini:


Notepad
Notepad

<html>
     <head>
          <title> Saya belajar HTML
          </title>
     <body>
          Halo apa kabar semua…..
     </body>
     </head>
</html>
Bingung? Santai…. Hehehe… saya jelaskan satu persatu.

Tag HTML
Tag HTML atau <html> harus ada karena merupakan tag utama yang harus ada untuk membukus semua anak tag yang ada didalamnya. Contoh diatas menjelaskan semua tag mempunyai tag pembuka dan tag penutup.


Tag Head

Head merupakan salah satu anak tag html. Tag head bertugas mengeksekusi semua non visual element, seperti title, meta, keyword, description, style, javascript yang harus disimpan diantara  tag <head> sebagai pembuka dan ditutup dengan tag </head>


Tag Body
Tag body  bertanggung jawab untuk mengeksekusi semua visual element yang akan tampil dilayar end user, contoh text, paragraph, gambar, video dsb.

Setelah selesai menulis kode HTML tersebut diatas simpan (save as) dan jangan lupa untuk merubah extention nya dari .txt menjadi .html (lihat gambar rubah ext). Selesai klik dua kali hasilnya dan lihat hasil kode tersebut pada browser.


rubah ext
Rubah ext


Selamat mencoba dan sukses....

0 komentar:

Posting Komentar